musiknya

Sabtu, 24 Maret 2012

Merubah shortcut menu Homescreen/layar standby s60v3 dengan SmartWorkSpace v0.4

Setelah kemarin saya post trik sederhana untuk mengatasi masalah ikon tema yang tidak muncul di s60v3, kali kembali saya masih membahas tentang s60v3, namun kali ini saya membawa aplikasi kecil yang bisa merubah menu shortcut di homescreen atau layar standby s60v3, untuk menggantikan shortcut standart s60v3 yang ada yakni modus siaga nya Nokia, yang menurut saya menu shortcut bawaan ponsel Nokia s60v3 itu terlihat kaku terutama untuk layar potrait. Dan aplikasi yang saya bawa ini bernama SmartWorkSpace v0.4 sekaligus Aplikasi untuk mengatur setingannya yakni S4SW, guna memudahkan penyetingan tanpa perlu mengedit file "setting.ini" nya SmartWorkSpace di dalam folder private lagi.
Oke, kita siapkan dulu aplikasi yang di butuhkan, baru nanti lanjut ke cara penggunaannya:

1).SmartWorkSpace dan S4SW, keduanya saya pack dalam satu paket zip Download klik Disini, dan aplikasi ini berbasis phyton, yang belum punya silahkan ambil phytonnya di bawah ini.

2).PowerPhyton4All, Download Klik Disini

Oke, sekarang lanjut ke cara penggunaannya:

Pertama install dulu PowerPhyton4All, jika sudah ada sebelumnya lewatkan saja.

Ekstrak dan install aplikasi SmartWorkSpace tadi, di awali dengan aplikasi SmartWorkSpace nya terlebih dahulu, kemudian baru S4SW nya.

Jalankan aplikasi SmartWorkSpace dan posisikan "Hide" jangan Exit Atau keluar, lalu buka atau jalankan aplikasi S4SW nya, nah di aplikasi S4SW inilah kita akan melakukan penyetingan posisi shortcut nantinya.

Setelah di jalankan aplikasi S4SW, sekarang lakukan penyetingan shortcutnya:

1. Klik pada "Add to the list", untuk melihat menu shortcut standart bawaan aplikasi SmartWorkSpace, jika ada menu yang tidak di inginkan tampil dalam shortcut, hapus dengan tombol "C" Atau delete.

2.untuk menambah menu shortcut yang baru klik pada "Add program", dan silahkan masukan aplikasi atau menu sesuka kamu, dari aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang di ponsel s60v3 milik kamu.

3. Klik "setting" untuk mengatur posisi shortcut, di sini beberapa bagian submenu:

Hotkey
Berfungsi untuk memunculkan dan menghilangkan shortcut, pengaturan standart nya tertulis angka 8 yang berarti itu adalah tombol "C"
Bisa di rubah sesuai dengan selera kita, di bawah ini beberapa angka yang mewakili simbol Tombol pada keypad ponsel layar potrait:
Tombol 1= 49
2= 50
3= 51
4= 52
5= 53
6= 54
7= 55
8= 56
9= 57
0= 48
Righ softkey= 165
Left softkey= 164
Call= 196
Menu= 63570
*= 42
#= 35
, itu mungkin sebagian dari simbol tombol keypad kita.

Potrait mode
Berfungsi untuk mengatur letak shortcut jika ingin menggunakan bentuk vertical, dan ada beberapa pilihan di dalamnya, antara lain: -bottom of screen, -top of screen, -the left, -the right, dan -choose yourself
Jika ingin mengatur letak dan besar kecilnya menu shortcut, pilihlah pada "Choose yourself", dan aturlah sesuai selera untuk mengaturnya gunakan tombol/keypad angka, dari 1➝9.
Beberapa fungsi keypad angka di menu ini:
1= memperbesar tinggi menu/kolom
2= ke atas
3= memperbesar lebar menu/kolom
4= ke kanan
5= done/pilih
6= ke kiri
7= mengecilkan tinggi menu/kolom
8= ke bawah
9= mengecilkan lebar menu/kolom
Landscape mode
Berfungsi mengatur letak shortcut jika menginginkan tampilan landscape, dan didalamnya juga mempunyai menu yang sama seperti Potrait mode
Autorun
Berfungsi untuk menjalankan aplikasi secara otomatis setelah restart ataupun powerOff, pilih saja "Enable" atau settingan standartnya saja.
Auto Change
Berfungsi mengatur shortcut jalan otomatis setelah mengedit settingan, pilih saja "Enable" atau biarkan standart.

4. "Review", untuk melihat hasil menu shortcut setelah kita melakukan penyetingan.

Jika sudah melakukan penyetingan di aplikasi S4SW, silahkan keluar saja dari aplikasi S4SW, dan coba ON OFF kan aplikasi SmartWorkSpace, kemudian lihat homescreen/layar standby s60v3 sobat untuk menilik hasilnya, di bawah ini preview gambar dari ponsel saya:




Demikianlah sobat aplikasi kecil yang dapat saya bagikan, akhir kata selamat berkreasi

1 komentar: